Jumat, 13 Januari 2012

1 Cara Setting Karburator

TEKNIK DASAR PENYETELAN KARBURATOR
Karburator RX - KING

Spuyer ( Main Jet )


Cara Kerja Karburator


Spuyer
Posted by Rokhmat. H. 14 Januari 2012 in MESIN DAN BALAP


GRAPHIC EFFECT SPUYER TERHADAP KINERJA KARBURATOR

Beberapa orang kadang berpikir menyetel karburator adalah pekerjaan yang sangat gampang. Ganti jet-nya setingkat atau dua tingkat, meniru setelan karburator orang lain yang sudah ketemu dan BOMM!! Mesin motor melaju kencang. Hmmm… mungkin iya pada mesin standard ataupun mengalami modifikasi ringan. Tapi untuk balap, tidak terdengar semudah itu. Ada banyak kombinasi dari setingan idle jet, needle jet, posisi clip, main jet, power jet, level bahan-bakar (set up pelampung), dan lain-lain dan sebagainya. Ada setidaknya menurut perhitungan statistika, sekitar 13,860,000 kombinasi jeting dalam sebuah karburator hehehehe… jika mau bermain karburator setidaknya siapkan mental, waktu dan tenaga untuk menyelaraskan semua kinerjanya. Disini kami ingin membantu dengan sedikit pengetahuan dasar dan penyetelan karburator untuk mempermudah teman-teman dalam menemukan fine tuning, bisa diaplikasi untuk menyetel ulang karburator yang udah pada modif mesin.

1. KARBURATOR VENTURI
Perhatikanlah muka karburator, dan kamu akan menyadari karburator hanyalah sebuah lubang besar dari satu tempat ke tempat lain, ini dinamakan venturi. Udara masuk ke dalam mesin melalui lubang ini (venturi). Sebagaimana kecepatan udara memasuki karburator meningkat, tekanannya justru menurun, yang kemudian menimbulkan kevakuman di area  venturi. Kevakuman ini bergerak seiring bukaan skep (throttle), dan menghisap bahan-bakar melalui jet yang berbeda-beda di sistem karburator. Udara dengan bahan-bakar akan bercampur di area venturi. Dimana posisi jet ditempatkan dan pengeluarannya pada venturi menghasilkan kontrol terhadap respon bukaan gas. Sistem langsam ( pilot jet, dan setelan skrup udara) mengontrol hingga bukaan skep 25 %. Jarum skep, posisi clip dan nozzle karburator mengontrol dari 15 % bukaan gas hingga 80 %.  Main jet mengontrol bukaan gas penuh atau berefek mulai dari bukaan gas diatas 60 %. Namun ada hal yang harus diingat dalam menyetel karburator, kesemua bagian adalah interconnected (terhubung satu dengan lain) sehingga penggantian sebuah part akan mempengaruhi kinerja sistem lainnya. Bekerja hati-hati, dan teliti adalah kuncinya.Clubon mungkin ada pengalaman lain atau info lain tentang karburator bisa reply disini.
Cara Kerja Karburator
Bagian - bagian karburator adalah:

Air screw merupakan baut yang bisa distel untuk mengatur banyak dan sedikitnya udara msuk ke karburator

Jet Needle Bagian yang berbentuk jarum berfungsi untuk mengatur bukaan bahan bakar

Venturi merupakan tempat pencampuran bahan bakar dan udara dengan cara merubah kecepatan dan tekanan udara.





Paru-paru mesin (karburator)

CARB TUNING
SET UP KARBURATOR
  1. Untuk bukaan gas dari kondisi tertutup hingga seperempat bukaan skep
    1. Ganti pilot jet / idle jet untuk mengatur campuran
    2. Setel ulang skrup udara untuk penyempurnaan aturan ( 1 ½ hingga 2 putaran keluar dari posisi menutup penuh)
  2. Dari posisi seperempat bukaan hingga sepertiga bukaan gas
    1. Setel posisi klip jarum skep
    2. Ganti tipe jarum skep
  3. Dari posisi sepertiga bukaan gas hingga bukaan penuh
    1. Ganti ukuran main jet untuk menyetel campuran udara bahan-bakar
    2. Ganti ukuran power jet (jika ada) untuk menyempurnakan campuran udara-bahan bakar
  4. Bukaan gas separuh hingga bukaan gas penuh
    1. Lakukan penyetelan campuran udara/bahan-bakar dengan penggantian mainjet, jarum skep, atau seting posisi klip jarum skep
    2. Lakukan pengecekan (baca) hasil pembakaran untuk melihat apakah setelan sudah tepat atau belum

karburator RX - KING (MIKUNI 36mm)
CATATAN SET UP:
  1. Dasar penyetelan skrup campuran udara di karburator adalah putar hingga menutup penuh, lalu buka satu setengah putaran keluar. Jika mesin masih berjalan dalam kondisi terlalu basah atau kering coba sedikit setel ulang skrup campuran udara lebih membuka atau menutup. Jika hal ini tidak dapat terkoreksi dengan beberapa putaran, maka gantilah pilot jet nya.
  2. Jika setelan terlalu basah antara bukaan gas posisi tertutup hingga terbuka separuh, dan tidak dapat dikoreksi dengan penyetelan skrup udara, maka ganti pilot jet ke ukuran lebih kecil.
  3. Menjalankan mesin dalam kondisi terlalu basah (campuran kaya) akan menjadikan mesinmu tidak berlari pada kemampuan terbaiknya, menjalankan mesin dalam kondisi terlalu kering lebih berbahaya dan akan merusak komponen mesin seperti piston, liner dan kepala silinder. Sebaiknya ketika melakukan penyetelan karburator, lakukan dari kondisi campuran kaya dan lakukan setelan  lebih rendah secara bertahap untuk menemukan setelan pas.
  4. Lihat dan baca kondisi busi untuk mempelajari campuran yang dibutuhkan mesin.
  • Jika Elektroda berwarna Hitam atau basah jelaga; kondisi mesin terlalu banyak bahan-bakar (campuran kaya). Bahan-bakar yang tak terbakar menyebabkan kerak mengendap di busi.
  • Busi kondisi kering dan berwarna keabu-abuan, atau bahkan putih kapur. Mesin berjalan dalam setelan yang terlalu kering, dan berbahaya bagi kondisi mesin. Pakai jet yang lebih besar untuk mendapatkan setelan yang lebih kaya.
  • Warna elektroda kecoklatan dan bersih, maka kamu sudah menemukan setelan terbaik yang dibutuhkan mesin.
Ketika melakukan penggantian main jet lebih besar akan mempengaruhi performa mesin mulai dari bukaan gas separuh hingga gas penuh (full throtle). Selalu lakukan penggantian satu-demi satu dan secara bertahap dan cermati perubahan yang terjadi pada performa mesin sebelum merubah faktor lainnya.
Jangan menjalankan mesin dalam kondisi campuran kering (miskin) dalam kondisi terlalu lama yang dapat mengakibatkan overheating (panas yang berlebihan) dan merusak komponen di dalam mesin.

Ada juga sitem pembakaran Mode Injection
Jakarta – Dibanding tipe karburator, motor injeksi sebagai alat penyuplai gas bakar terbukti jauh lebih mudah dalam hal perawatan. Bahkan waktu pengerjaannya pun terbilang singkat. Sehingga buat pemilik motor tipe ini yang aktivitasnya tinggi, sangat diperbolehkan menggunkannya. Apalagi dalam rangkaian tulisan di sebelah, ongkos perawatan motor injeksi masih setara dengan yang tipe karburator. Di mana proses perawatan tunggangan tipe ini, mekanik diwajibkan untuk memeriksa kebersihan bagian dalamnya serta lubang-lubang alirannya. Seperti dikatakan Zahid, service advisor DDS Cempaka Putih yang berlokasi di Jl. Raya Cempaka Putih, Jakarta Timur. Untuk tunggangan yang baru aja jalan 500 km, 2.000 km sampai 4.000 km, biasanya motor injeksi hanya lakukan pemeriksaan komponen seperti busi, kerengangan klep, putaran stationer dan bersihkan filter udara setelah 2.000 km hingga selanjutnya. Sedangkan yang musti diganti setiap servis setelah motor menempuh jarak 1.500~2.000 km adalah pelumasnya saja. Adapun pemeriksaan di luar bagian mesin tiap servis, di antaranya rantai penggerak roda, rem, arah sinar lampu utama, sein dan lampu rem. Ditambah lagi cek kekencangan buat roda maupun bantalan kemudi. “Tahap pekerjaan itu memang biasa dilakukan mekanik pada umumnya. Cuma bedanya motor injeksi, enggak perlu bongkar-pasang karburator. Belum lagi kalau peranti ini posisinya sangat sulit. Butuh waktu pengerjaan yang lebih lama dari biasanya,” lanjut Zahid. Begitupun jika perjalanan motor injeksi lepas dari angka 4.000 km. Perawatan tetap masih lebih ringan dibanding komponen pengkabut gas bakar konvensional. Meskipun dalam prosesnya dibutuhkan ketelitian pada saat pengecekan per bagian. Sebab, terkadang proses pemeriksaan dibutuhkan keahlihan khusus lantaran butuh alat pendukung bila memang ingin direset atau cek kondisi komponen elektroniknya. Contoh saat pemeriksaan komponen pada aliran bensin, injektor hingga peranti pendukung injeksi. Dimulai dari pengecekan pompa bensin dengan cara mendengarkan suaradesingannya. Kalau enggak normal, bisa jadi filter pompa bensin kotor. “Tapi, kalau putaran mesin mulai enggak normal, biasanya injektor minta dibersihkan cairan khusus. Nah, pada saat mengecek soket kabel kelistrikan injeksi dan peranti lainnya biasanya butuh alat pendukung khusus pemeriksaan,” timpal Tono P. kepala mekanik AHHAS Honda Dunia Motor di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Cuma khusus pemeriksaan injektor dan cek alat elektroniknya, lebih baik dilakukan di bengkel resmi yang menyediakan pelayanan itu.

Penyelesaian beberapa persoalan seting karburator.
Permasalahan : Saat stasioner RPM tidak stabil. Mesin berlari tersendat.
Kondisi setelan : Campuran terlalu miskin
Metoda koreksi :
  • Putar setelan skrup udara searah jarum jam (menutup) untuk memperkaya campuran.
  • Ganti ukuran pilot jet ke angka yang lebih besar
  • Ganti jarum skep ke diameter lebih kecil atau bentuk lebih runcing untuk memperkaya campuran bahan-bakar.
Permasalahan : Saat stasioner keluar asap hitam dari knalpot.
Kondisi setelan : Terlalu basah
Metoda koreksi :
  • Putar keluar skrup setelan udara untuk memperbanyak campuran udara masuk
  • Ganti pilot jet ke nomor lebih kecil
  • Ganti jarum skep dengan model yang lebih gemuk
Permasalahan : Ketika motor dijalankan akselerasi lemah
Kondisi setelan : Kering
Metoda koreksi : Ganti dengan ukuran mainjet lebih besar
Permasalahan : Ketika berakselari motor tersendat-sendat
Kondisi setelan : Basah
Metoda koreksi : Kecilkan ukuran mainjet
Permasalahan : Pada posisi seperempat bukaan gas mesin ngambang dan RPM tidak dapat teriak.
Kondisi setelan : Kering
Metoda koreksi :
  • Pakai dimensi jarum skep lebih kurus untuk memperkaya campuran bahan-bakar
  • Putar skrep setelan udara searah jarum jam untuk memperkaya campuran
Permasalahan : Gas bukaan penuh, Kecepatan bertambah sangat pelan, mesin terasa datar, dan busi tampak basah kehitaman
Kondisi setelan : Terlalu Kaya
Metoda Koreksi :
  • Setel campuran dengan menggunakan main jet lebih kecil, terus check kondisi kepala busi hingga warna terkoreksi 
 Jika Anda menemukan beberapa persoalan seting karburator, berikut:
  1. Permasalahan : Saat stasioner keluar asap hitam dari knalpot.
    Kondisi setelan : Terlalu basah
    Metoda koreksi :
    • Putar keluar skrup setelan udara untuk memperbanyak campuran udara masuk
    • Ganti pilot jet ke nomor lebih kecil
    • Ganti jarum skep dengan model yang lebih gemuk
  2. Permasalahan : Saat stasioner RPM tidak stabil. Mesin berlari tersendat.
    Kondisi setelan : Campuran terlalu miskin
    Metoda koreksi :
    • Putar setelan skrup udara searah jarum jam (menutup) untuk memperkaya campuran.
    • Ganti ukuran pilot jet ke angka yang lebih besar
    • Ganti jarum skep ke diameter lebih kecil atau bentuk lebih runcing untuk memperkaya campuran bahan-bakar.
  3. Permasalahan : Ketika berakselari motor tersendat-sendat
    Kondisi setelan : Basah
    Metoda koreksi : Kecilkan ukuran mainjet
  4. Permasalahan : Ketika motor dijalankan akselerasi lemah
    Kondisi setelan : Kering
    Metoda koreksi : Ganti dengan ukuran mainjet lebih besar
  5. Permasalahan : Gas bukaan penuh, Kecepatan bertambah sangat pelan, mesin terasa datar, dan busi tampak basah kehitaman
    Kondisi setelan : Terlalu Kaya
    Metoda Koreksi :
    • Setel campuran dengan menggunakan main jet lebih kecil, terus check kondisi kepala busi hingga warna terkoreksi
  6. Permasalahan : Pada posisi seperempat bukaan gas mesin ngambang dan RPM tidak dapat teriak.
    Kondisi setelan : Kering
    Metoda koreksi :
    • Pakai dimensi jarum skep lebih kurus untuk memperkaya campuran bahan-bakar
    • Putar skrep setelan udara searah jarum jam untuk memperkaya campuran

    1 komentar:

    ibu kenari dikaltim mengatakan...

    SAYA DARI PALEMBANG YANG MENANG KEMARIN SENILAI 70JUTA DENGAN ANGKA TOGEL BERKAT BANTUAN AKY AKY SEBELUM SAYA MENGENAL AKY PANDAWA ARYA SAYA SELALU KALAH DAN UTANG UTANG SAYA BERTAMBAH BANYAK DAN SAYA BERSYUKUR BISA MEMBAYAR UTANG UTANG SAYA BERKAT AKY PANDAWA ARYA JADI SAYA MEMBERI TAU KE PADA ANDA YANG SUKA MAIN TOGEL KALAU MAU HUBUNGI AKY PANDAWA ARYA DI NOMOR;085216977745 ATAU SILAHKAN KLIK http://dukuntogel2547.blogspot.com/ INSYA ALLAH ANDA AKAN MELIHAT HASILNYA DAN SAYA HIMBAUKAN KE PADA ANDA HATI HATI SEKARAN SUDAH BANYAK MENGATAS NAMAKAN AKY AKY DAN CUMA MAU MENGAMBIL KE UNTUNGAN TERIMA KASIH.




    SAYA DARI PALEMBANG YANG MENANG KEMARIN SENILAI 70JUTA DENGAN ANGKA TOGEL BERKAT BANTUAN AKY AKY SEBELUM SAYA MENGENAL AKY PANDAWA ARYA SAYA SELALU KALAH DAN UTANG UTANG SAYA BERTAMBAH BANYAK DAN SAYA BERSYUKUR BISA MEMBAYAR UTANG UTANG SAYA BERKAT AKY PANDAWA ARYA JADI SAYA MEMBERI TAU KE PADA ANDA YANG SUKA MAIN TOGEL KALAU MAU HUBUNGI AKY PANDAWA ARYA DI NOMOR;085216977745 ATAU SILAHKAN KLIK http://dukuntogel2547.blogspot.com/ INSYA ALLAH ANDA AKAN MELIHAT HASILNYA DAN SAYA HIMBAUKAN KE PADA ANDA HATI HATI SEKARAN SUDAH BANYAK MENGATAS NAMAKAN AKY AKY DAN CUMA MAU MENGAMBIL KE UNTUNGAN TERIMA KASIH.



    SAYA DARI PALEMBANG YANG MENANG KEMARIN SENILAI 70JUTA DENGAN ANGKA TOGEL BERKAT BANTUAN AKY AKY SEBELUM SAYA MENGENAL AKY PANDAWA ARYA SAYA SELALU KALAH DAN UTANG UTANG SAYA BERTAMBAH BANYAK DAN SAYA BERSYUKUR BISA MEMBAYAR UTANG UTANG SAYA BERKAT AKY PANDAWA ARYA JADI SAYA MEMBERI TAU KE PADA ANDA YANG SUKA MAIN TOGEL KALAU MAU HUBUNGI AKY PANDAWA ARYA DI NOMOR;085216977745 ATAU SILAHKAN KLIK http://dukuntogel2547.blogspot.com/ INSYA ALLAH ANDA AKAN MELIHAT HASILNYA DAN SAYA HIMBAUKAN KE PADA ANDA HATI HATI SEKARAN SUDAH BANYAK MENGATAS NAMAKAN AKY AKY DAN CUMA MAU MENGAMBIL KE UNTUNGAN TERIMA KASIH.

    Poskan Komentar

     
    The Republic of Indonesia Blogger